Senin, 05 Desember 2011

TEMPURSARI

Kecamatan tempursari adalah sebuah kecamatan yang terletak di kabupaten Lumajang, dimana letaknya dikelilingi gunung dan laut lepas, mirip sebuah " cikrak"( jawa ). Laut ini adalah Samudra Hindia. Alhasil, pemandangan pun sedap dipandang. Kecamatan ini terdiri terdiri dari 7 desa.

Untuk bisa ke kabupaten, masyarakat harus menempuh kurang lebih 70 km dan  melewati beberapa gunung dengan jalan naik turun dan berliku. Walaupun jalan penuh lika-liku,tidak menyurutkan niat untuk berekreasi. Setiap minggu banyak masyarakat dari kecamatan lain datang untuk menikmati indahnya alam Tempursari.

Walau Tempursari dikelilingi gunung, komunikasi dapat berjalan lancar. Ada beberapa Tower  berdiri tegak di sini. Hal ini membuat masyarakat masih bisa mengakses informasi.

Tempusari memiliki sumber daya alam yang melimpah. Di lereng gunung - gunung bisa ditanami rempah rempah yang bisa memberikan penghasilan yang cukup, bahkan lebih untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari. Misalnya tanaman cengkeh, kopi, dan kakao.

Meskipun jauh dari jantung kota, kehidupan masyakatnya tempursari menyerupai budaya kota. Hal ini terbukti dengan cara berpakaian masyarakat yang menyerupai kota. Gaya hidup yang konsumtif pun ditiru.

Masyarakat tempursari mempunyai banyak macam budaya jawa yang masih terjaga dan dilestarikan .Sebagai contoh, pada peringatan 1 suro (1 Muharram) masyarakat memberikan penghormatan terhadap leluhur yang "babat alas" ( penghuni pertama ) dengan menggunakan kesenian reog kemudian dilanjutkan doa bersama.

Disini juga bisa dijadikan contoh masyarakat yang mempunyai toleransi antar umat beragama yang tinggi. Mereka menghargai antar pemeluk agama. Hal ini terbukti dengan terlihatnya bagunan mushola dan gereja yang letaknya berdekatan. 





1 komentar:

  1. termasuk kecamatan yang jauh dari keramaian tapi tinggi peradapan............
    sungguh mengesankan dan patut menjadi daerah percontohan tentang ke BHINIKA TUNGGAL IKA.

    BalasHapus